Laman

Jumat, 02 September 2016

GURU MA NURUL HUDA MENGIKUTI PELATIAH MGMP DI MAN 2 KOTA TANGERANG; MEMAHAMI PARADIGMA MGMP (MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN)

GURU MA NURUL HUDA MENGIKUTI PELATIAH MGMP DI MAN 2 KOTA TANGERANG;  MEMAHAMI PARADIGMA MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)
oleh; Drs. H. MUDINI, S.Sos. (Kepala Seksi Pendidikan Madrasah) Kemenag Kota Tangerang
Disampaikan pada acara Kegiatan Pelatihan MGMP Se-KKMA Negeri 2 Kota Tangerang dengan tema "IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI 2016" tanggal 02-03 September 2016 di MAN 2 Kota Tangerang


Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya akan sampaikan pada kesempatan ini adalah:
Pesan dari kepala kantor kementerian Agama Kota Tangerang, agar kegiatan ini dapat di ikuti dengan sebaik-baiknya sampai selesai besok, dan mendapat bimbingan dari para nara sumber dapat kita serap dengan baik sehingga dapat diterapkan di madrasah kita masing-masing.

Kaitan dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) ini sangat penting keberadaannya, karena kita wajib memiliki MGMP untuk membicarakan bagaimana cara dan upaya untuk meningkatkan mutu siswa untuk di tampillkan di setiap iven olimpiade sains yaitu dapat bersaing dan menunjukkan presatasi dibidang pelajaran yang di ampuhya. Selain itu juga kita berkewajiban agar siswa kita mampu menghadapi dan mengikuti segala kegiatan yang diajarkan di masing-masing Madrasah, dan kalau ada keluhan tentang upaya-upaya tersebut, maka tugas kita adalah mengatasi keluha-keluhan para guru.

Saya mengibaratkan Madrasa itu adalah sebuah keluarga, jadi ketika ada anggota keluarga yang sakit, maka kita berkewajiban untuk merawat dan mengobatinya, maksudnya jika ada siswa kita yang berpresrtasi maka kita wajib menyalurkan prestasinya di tingkat Kota, Provinsi dan Nasional, dan yang bangga dan harum namanya adalah kita semua. Saya melihat, bahwa siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 luar biasa, semua kegiatan dan prestai diraih, kenapa ini terjadi, karena ada rasa saling memiliki diantara kita, yaitu satu kesatuan organisasi yang kita miliki, yaitu MGMP.

Jadi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mata pelajaran apa yang akan kita musyawarahkan, materi apa yang akan kita sampaikan, ini sangat mungkin sekali karena untuk membuat skala prioritas. Sekarang dalam memenuhi aksioma ( Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah ) , cabang ilmu dan keahlian apa yang akan kita tampilkan dan ikut sertakan, maka tugaskan guru yang akan membimbing siswa kita agar mendapat juara. Jadi, selain membicarakan tentang materi pelajaran di setiap mata pelajaran, MGMP juga bertugas mencari siswa / i yang berbakat untuk kita bina dan kita arahkan untuk mendapatkan kinerja yang kita harapkan, karena prestasi anak didik kita, akan mengharumkan Madrasah kita.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Guru MA  Nurul Huda  yang  mengikuti acara tersebut:
Khaerul Munawi, S.Pd.I
Muhammad Mahsun, S.Pd.I
                                                     ----- Penyunting Berita: Muhammad Mahsun, S.Pd.I -----

0 komentar:

Posting Komentar